Berpergian, kemudian tidak membawa oleh-oleh sepertinya akan ada yang kurang. Apalagi jika tujuannya adalah Jogja. Ada beberapa oleh-oleh khas yang bisa anda bawa pulang dan tentunya tak hanya sekedar makanan. Apalagi Jogja menjadi kota yang masih kental adat dan budaya Jawanya yang banyak karya seni unik. Untuk menjadi refrensi anda, berikut simak ulasaan buah tangan atau oleh-oleh khas Jogja yang bisa di bawa pulang untuk kerabat atau sahabat di rumah.

1. Keripik Tempe Sagu

Keripik tempe satu ini berbeda dengan keripik tempe pada umumnya. Keripik tempe sagu ini lebih renyah dan biji tempenya terlihat jelas karena disatukan dengan sagu. Karena belum banyak dijumpai, anda bisa menjadikan makanan ringan ini untuk oleh-oleh. Termasuk dalam olahan kekinian bisa dipastikan jika keluarga atau sahabat anda akan menyukainya.

2. Bakpia Pathok

Ini dia oleh-oleh yang selalu saja diburu dan dipesan oleh kerabat. Bakpia yang berbentuk bulat mungil ini berisikan banyak varian mulai dari yang tradisional seperti kacang hijau, hingga berisi keju. Bakpia Pathok yang kering bisa tahan cukup lama sehingga bisa untuk oleh-oleh jika rumah anda cukup jauh. Mencarinya juga mudah karena sekitaran Malioboro banyak yang menjualnya seperti misalnya Bakpia Pathok 25.

3. Brownies Ubi Ungu

Jika anda sudah familiar dengan brownies coklat, anda bisa membawa brownies ubi ungu sebagai oleh-oleh khas Jogja. Apalagi jika sahabat atau keluarga menyukai kue basah. Selain memiliki rasa yang lezat, brownies dari ubi ungu ini juga mengenyangkan. Tak heran jika kue basah satu ini dijadikan alternatif sebagai buah tangan Khas Jogja yang lain daripada yang lain.

4. Geplak

Jajanan yang berwarna warna ini juga bisa anda jadikan oleh-oleh. Apalagi untuk mendapatkannya juga tidaklah susah. Malioboro hingga Pasar Beringharjo menyediakan jajanan yang memiliki rasa manis ini. Karena makanan yang terbuat dari ketan dan campuran kelapa ini juga tahan lama sehingga bisa anda jadikan oleh-oleh dari Jogja.

5. Jogja Scrummy

Selain panganan tradisional, anda juga bisa menjadikan kue kekinian sebagai buah tangan. Jogja Scrummy misalnya, oleh-oleh yang digagas oleh Dude Herlino ini merupakan perpaduan puff pastry dan juga brownies kukus. Ada banyak rasa yang bisa anda bawa pulang mulai dari rasa coklat hingga taro maupun karamel yang pastinya menggoda.

6. Yangko

Yangko atau yang kerap disebut dengan mochinya Khas Jogja ini juga makanan manis yang bisa anda jadikan oleh-oleh. Terbuat dari tepung kentan membuat teksturnya lebih padat jika dibandingkan dengan mochi. Salah satu pusat oleh-oleh yang menjual makanan manis ini adalah Yangko Pak Prapto. Yangko dari toko ini memiliki rasa yang variasi mulai dari cokelat hingga durian dan berada di Jl. Pramuka No 82 Jogjakarta.

7. Salak Pondoh Sleman

Ketika ke Jogja, anda juga bisa menjadikan buah salak sebagai oleh-oleh. Buah Salak Pondoh ini memiliki rasa yang manis dan juga segar. Sleman tepatnya di lereng Gunung Merapi memang terkenal dengan tempat budidaya salak ini. Anda juga bisa memetik sendiri salak ini kemudian membawaya sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat.

8. Cokelat Monggo

Sudah pernah merasakan legitnya cokelat khas Jogja? Cokelat Monggo ini merupakan cokelat khas Jogja yang memiliki rasa tak kalah lezat dari toko cokelat di luar negeri. Kemasannya yang tradisional menegaskan jika cokelat ini khas dari Jogja. Anda bisa mengunjungi langsung Monggo Shop di Jl. Dalem KG III No. 978, Purbayan.

9. Gudeg Kaleng

Menikmati gudeg di kota Jogja juga harus menjadi list ketika ke Jogja. Memiliki beberapa macam mulai dari gudeng basah hingga gudeng kering memungkinkan untuk anda membawanya pulang. Gudeg yang dikemas dengan kaleng seperti sarden ini bisa anda dapatkan dengan mudah. Salah satunya di Gudeg Bu Tjitro yang berada di Jl. Janti No.330, Modalan, Banguntapa.

10. Kerajinan Perak

Selain makanan, oleh-oleh dari Jogja juga bisa berupa kerajinan perak yang sangat cantik. Anda bisa singgah sebentar di Kotagede untuk menemukan souvenir ini. Perak di sini akan dimodel dengan berbagai benda seperti bros, perhiasan hingga pajangan dengan motif yang unik. Apalagi kerajinan Kotagede Jogja ini juga sudah terkenal hingga manca negara.

11. Blangkon

Tutup kepala yang terbuat dari kain batik bernama Blangkon ini juga bisa menjadi oleh-oleh ketika ke Jogja. Blangkon khas Jogja diberi nama dengan blangkon Mondolan karena ada bulatan besar di belakangnya. Untuk berburu blangkon ini anda bisa langsung menuju Malioboro. Anda bisa memberikan kepada ayah atau sahabat laki laki anda.

12. Tasuba

Bagi anda yang bukan masyarakat Jogja, makanan satu ini mungkin masih terdengar asing. Tasuba yang merupakan singkatan dari tahu susu bakso ini juga bisa menjadi oleh-oleh untuk dibawa pulang. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih akan sangat nikmat jika disantap ketika bersama keluarga. Anda bisa langsung mengunjungi gerainya di Jl. Laksamana Adisucipto KM 7.6.

13. Gerabah Kasongan

Jika anda mencari untuk pajangan rumah atau alat dapur dari gerabah, anda bisa langsung mengunjungi sentra kerajinannya. Berada di Jl. Kasongan No. 223 Kajen, Bangunjiwo, Bantul anda bisa mendapatkan aneka kerajinan gabah yang berkualitas. Kombinasi dari tanah liat dan rotan membuat kualitasnya tak diragukan lagi.

14. Kaos Dagadu

Kaos terkenal satu ini juga sangat cocok untuk dihadiahkan kepada keluarga atau sahabat. Merk terkenal satu ini menjual berbagai produk fashion dan juga aksesoris yang Jogja sekali. Kaos Dagadu telah memiliki banyak cabang salah satunya di Gedongkuning no. 128, Rejowinangun Kotagede. Anda juga bisa mendapatkannya di mall terdekat.